Cara membuat aplikasi openGL pake devC
Dimulai dengan membuat empty project kemudian tambahkan file .cpp kedalam project.
kemudian untuk menambahkan parameter agar jika dicompile tidak terjadi
linker error maka klik tab project->project option. Trus didalam
“Parameters” tab tambahkan
-lglut32 -lglu32 -lopengl32 -lwinmm -lgdi32
pada linker pane. kemudian click ok.
nah sekarang tinggal menambahkan kode kedalam file cpp tadi.
tapi harus nginstall plugin dulu nih alamatnya
http://www.nigels.com/glt/devpak/freeglut.2.2.0.DevPak |
http://www.nigels.com/glt/devpak/glui.2.2-1.DevPak |
cara nginstallnya tools->package manager->install
#include ;
#include ;
void cube (void) {
glColor3f(1.0, 0.0, 0.0); //warna rusuk kubusnya merah
glutWireCube(2); //menggambar kubus dengan panjang 2
}
void display (void) {
glClearColor (0.0,0.0,0.0,1.0);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glLoadIdentity();
gluLookAt (0.0, 0.0, 5.0, 0.0, 0.0, 0.0, 0.0, 1.0, 0.0);
cube();
glFlush();
}
void reshape (int w, int h) {
glViewport (0, 0, (GLsizei)w, (GLsizei)h);
glMatrixMode (GL_PROJECTION);
glLoadIdentity ();
gluPerspective (60, (GLfloat)w / (GLfloat)h, 1.0, 100.0);
glMatrixMode (GL_MODELVIEW);
}
int main (int argc, char **argv) {
glutInit (&argc, argv);
glutInitDisplayMode (GLUT_SINGLE);
glutInitWindowSize (500, 500);
glutInitWindowPosition (100, 100);
glutCreateWindow ("A basic OpenGL Window");
glutDisplayFunc (display);
glutReshapeFunc (reshape);
glutMainLoop ();
return 0;
}
contoh programnya…
outputnya seperti ini: