LINQPad: Software interaktif query database [GRATIS]


Tampilan LinqPad
Tampilan LinqPad

Teringat kemarin pada saat mengerjakan aplikasi sederhana Mixed Design SCC, saya membuat koneksi ke SQLite database dan menggunakan Fluent Hibernate untuk ORM(Object Relational Mapping) nya. Jadi semua hasil query dari database otomatis dikonversi menjadi list object dan tentunya jika anda programmer C# yang mengenal LINQ pasti lebih mudah mengolah hasil query tersebut. Lalu apa hubungannya dengan LINQPad?

Disaat seru ngoding ditengah-tengah proses saya lupa syntax LINQ untuk order data sesuai dengan attribut object tertentu, saya bingung dan tidak ada koneksi (pas apes pulsa modem habis). Cari-cari ebook juga ga ada, akhirnya nemu LINQPad di folder download beserta file-file lain yang berserakan. Install dan kemudian coba-coba dengan query LINQ sederhana akan tetapi saya dibuat ‘WOW’ setelah mencoba semua fitur-fiturnya. Apa saja fiturnya?

LINQPad sudah mendukung semua fitur di C# 5.0 dan Framework 4.x:

Bukan itu saja, selain itu juga mendukung:

Semua fitur diatas diambil dari website official linqpad, semua fiturnya spesifik untuk query data ke database ataupun list objek. Dengan menggunakan LINQpad merupakan cara paling efektif untuk belajar LINQ karena LINQpad bisa menjalankan expression(hanya satu baris perintah tanpa semicolon), statement(satu kalimat perintah yang harus diakhiri dengan semicolon), maupun C#/VB program.
Mungkin dari penjelasan singkat ini masih menimbulkan banyak pertanyaan apa sih kehebatanya atau bisa digunakan untuk apa saja. Simak di episode selanjutnya🙂.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s