Pengolahan Citra Digital – Konsep Dasar


Introduction

Apa itu pengolahan citra digital(PCD)? Mungkin itu pertanyaan awal saat mendengar kata PCD, dari yang saya tahu kebanyakan berpikir PCD adalah pengolahan citra menggunakan photoshop atau software semacamnya. Menurut anda bagaimana? Apakah benar pemikiran tersebut? Daripada menerka-nerka tanpa dasar lebih baik kita pahami bagian per bagian mulai dari pengertian citra, citra digital, sampai pengolahan citra digital.

Citra merupakan suatu fungsi dimensi f(x,y)

  • dimana x dan y merupakan koordinat spasial
  • amplitudo dari f(x,y) dari semua pasangan (x,y) disebut intensitas citra atau gray level dari citra pada titik tersebut.

Citra Digital adalah suatu citra dimana x,y dan f(x,y) bernilai diskret/terbatas.

Digital Image Processing adalah disiplin ilmu yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan perbaikan kualitas citra, transformasi(rotasi, skala, translasi), pemilihan citra ciri yang optimal untuk analisis, image retrieval, kompresi data, transmisi data, dan waktu proses data.

Gambar 1

Berbeda dengan bidang kartesian yang kita pelajari dalam matematika, bidang kartesian (x,y) didalam citra dalam komputer memiliki sumbu y yang berlawanan dengan sumbu y didalam matematika yakni y positif jika bertambah kebawah dan negatif jika bertambah ke atas. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 1.

Didalam citra kita pasti sering mendengar kata pixel, biasanya lebih sering dalam resolusi kamera( 1Mega pixel, 2 Mega pixel, dst). Tetapi  pixel itu sendiri itu apa? Pixel merupakan titik terkecil dalam suatu citra, lebih jelasnya jika anda cari sebuah contoh citra kemudian lakukan perbesaran hingga citra tersebut terlihat seperti sususan blok persegi seperti contoh Gambar 2 dibawah ini.

Gambar 2

Sementara sampai sekian dulu, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat.
(spoiler: next post tentang konsep dasar bagian 2, membahas lebih detail tentang pixel, dll)😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s