Setting Classpath pada java


Pertama-tama install terlebih dahulu java development kit dan installernya dapat diunduh di http://java.sun.com.

Setelah instalasi jdk selesai, maka diperlukan untuk mendefinisikan system variabel. Pertanyaannya, untuk apa mendefinisikan system variabel? Dengan mendefinisikan system variable, maka perintah yang dalam direktori yang akan kita definisikan dapat diakses melalui command prompt.

Langkah pertama yaitu klik Start-> Contol Panel-> System / klik kanan My Computer maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

pilih tab Advanced dan klik pada tombol Environment Variables.

Kemudian pilih Path pada System Variables dan klik tombol Edit, setelah itu isikan PATH atau alamat lengkap dari direktori bin dari JDK, tetapi tidak perlu mencantumkan RT RW. Contohnya alamat bin di komputer penulis adalah C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_17\bin maka dalam variable value ditambahkan alamat tersebut dan contohnya seperti pada gambar dibawah ini:

Jika alamat lengkap telah dimasukkan maka klik ok dan klik ok sekali lagi, nah sekarang kita bisa mengakses perintah kompilasi javac dan perintah eksekusi classjava melalui cmd atau command prompt.Setelah proses ini selesai anda bisa menggunakan cmd untuk kompilasi dan menjalankan java class. Namun untuk kemudahan disarankan menggunakan SciTe sebagai editor.
Happy coding….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s