Mata Kuliah Dasar itu penting bagi mahasiswa Ilmu Komputer


 

Mata kuliah dasar merupakan pijakan awal semua ilmu yang akan diperoleh pada saat mulai memasuki bangku kuliah. Untuk warga Ilmu komputer khususnya, mata kuliah dasar tersbut terdiri dari matematika dasar, statistika dasar, kimia dasar, biologi dasar, fisika dasar, dasar males , dasar bodoh, dasar pikun, dasar malas dan dasar-dasar yang lain.😀 . Meskipun hanya dasar-dasar namun mata kuliah tersebut adalah momok bagi sebagian mahasiswa ilkom. Oleh sebab itu sebagian besar mahasiswa yang mengikuti kuliah hanya sekedar gugur kewajiban dan itu termasuk penulis🙂.

Mindset para mahasiswa ilkom(sebutan Ilmu komputer) pada awal masuk kebanyakan berbeda dan salah ekspekstasi tentang ilkom. Sebagai contoh ada yang masuk ilkom dengan berharap diajari membuat game atau menggunakan aplikasi tertentu seperti photoshop dan lain-lain(ini adalah pengharapan paling salah kaprah). Sehingga saat bertemu dengan mata kuliah dasar yang cukup menguras tenaga dan pikiran seperti matematika dasar(kalkulus), statistika dasar, ataupun fisika dasar (yang lainnya anda sebutkan saja sendiri! :p).
Memang cukup sulit untuk menyadarkan diri akan pentingnya mata kuliah dasar jika kita belum mempunyai target atau mempelajari bidang yang akan ditekuni. Namun untuk statistika dasar dan matematika dasar sangat disarankan untuk benar-benar memahaminya. Tapi jika anda ingin berlama-lama kuliah ya terserah anda. Sedikit cerita tentang pengalaman penulis, jujur penulis benar-benar tidak suka mata kuliah tersebut akan tetapi terpaksa harus suka karena mata kuliah lanjutan. Contohnya seperti Pengolahan Citra Dijital – PCD( mata kuliah yang penuh perhitungan matematis yang cukup untuk membuat sang penulis depresi, tapi mungkin itu tidak terjadi pada anda karena anda tentu pandai dan menyukai kalkulus). Selain itu waktu kuliah PCD dan dosen pengampunya adalah Pak Arif, beliau pernah mengatakan bahwa banyak dari mahasiswa ilkom yang gagal kompre hanya karena tidak mampu menjelaskan rumus matematika sederhana yang digunakan dalam skripsinya. Contoh mata kuliah yang lebih kompleks adalah data mining yang merupakan gabungan dari algoritma, basis data, dan statistika. Dari uraian diatas hanya dua mata kuliah saja yang terkesan penting. Namun bagaimana untuk yang lainnya?
 
Memang penekanan hanya ada pada dua mata kuliah tersebut namun dalam Ilmu Komputer yang merupakan ilmu dasar seperti matematika pada umumnya. Dan untuk implementasinya dibutuhkan kolaborasi dengan bidang ilmu yang lain seperti fisika, biologi, kimia, dan lain-lain. Karena itulah mata kuliah dasar yang diberikan pada saat awal masuk kuliah sangat penting dan berguna untuk membantu pemahaman mata kuliah di semester selanjutnya. Selain itu juga membantu kita pada saat pembuatan skripsi. Mungkin kita merasa berat pada saat menjalani mata kuliah dasar yang dianggap tidak penting, tapi yakinlah itu akan sangat berguna bagi kita. Semoga dari uraian singkat ini mampu membuat kita tersadar dan lebih bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s