Prak01 – Tipe Data Array


Hasil running program pada Praktikum 1 yang saya buat kira-kira seperti ini tampilannya, tapi anda tidak perlu “ngeplek” atau sama dengan ini,

CREATE YOUR OWN CODE:

--------------------------------------------
 No |  Nama/Game   | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
--------------------------------------------
 1  |  Agus        | A | C | E | D | B | F |
 2  |  Budi        | D | D | F | C | D | B |
 3  |  Elok        | C | E | A | B | F | A |
 4  |  Fajar       | D | F | B | A | A | D |
 5  |  Gaguk       | E | F | F | A | C | C |
 6  |  Haryono     | C | E | E | B | E | E |
 7  |  Joko        | A | C | E | D | B | F |
 8  |  Kadir       | D | B | C | C | C | C |
 9  |  Naryo       | E | B | D | E | B | B |
 10 |  Puji        | B | A | B | F | A | D |
--------------------------------------------
Nama orang yang satu kelompok dalam semua permainan.
Nama            : Agus(output)
Nama            : Joko(output)
Kelompok        : ACEDBF(output)

Banyaknya kelompok dalam suatu permainan
Input Permainan: 3(input)
Jumlah Kelompok: 6(output)

Daftar siswa yang berada dalam satu kelompok tepat n kali dengan X
Nama Siswa        : Budi(input)
Frekuensi bersama : 2(input)
Daftar Siswa      : Kadir (output)

Daftar siswa-siswa yang tak pernah berada dalam satu kelompok dengan
peserta tertentu
Nama Siswa        : Budi(input)
Daftar siswa tak pernah 1 kelompok  : Agus Elok Haryono Joko Puji(output)

Disini saya tidak akan membongkar source code nya tetapi hanya membagikan tips untuk mengerjakan permasalahan seperti diatas.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami apa yang dimaksud dalam soal, jika sudah memahami apa yang diinginkan soal tersebut maka kita mulai melakukan analisa.
  2. Data yang digunakan pada program tercantum dalam tabel. Pada tabel berisi nama dan jenis permainan. Setelah itu kita tentukan struktur data yang paling cocok untuk menangani kasus diatas. Ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat dua array(satu untuk menyimpan nama dan satu untuk menyimpan jenis permainan) tetapi menurut saya tidak efektif menggunakan cara seperti itu. Jadi kita harus membuat suatu tipe data yang berisi nama, dan jenis permainan.  Caranya bagaimana? Sebagai contoh saya ingin menyimpan data Bola yang terdiri dari warna dan ukuran.  Karena menggunakan Java maka saya membuat kelas Bola yang berisi variabel warna dan ukuran.
    public class Bola{
    	private String warna;
    	private int ukuran;
    	
    	public Bola(String warna,int ukuran){
    		this.warna = warna;
    		this.ukuran = ukuran;
    	}
    	public Bola(String warna){
    		this(warna,0)
    	}
    	public Bola(int ukuran){
    		this("",ukuran)
    	}
    	public void setWarna(String warna){
    		this.warna = warna;
    	}
    	
    	public String getWarna(){
    		return warna;
    	}
    	public void setUkuran(int ukuran){
    		this.ukuran = ukuran;
    	}
    	
    	public int getUkuran(){
    		return ukuran;
    	}
    }//end class Bola

    kalo ingin membuat object bola tersebut sebagai array maka seperti ini caranya:
    public class cekBola{

    private Bola bal[];

    //konstruktor

    public cekBola(){

    bal = new Bola[jumlahArray];

    //inisialisasi array of ball

    for(int a=0;a<bal.length;a++)

    bal[a] = new Ball(“”);

    }

    }

    /* ….

    * method2 dan fungsi laen
    * ….
    */

    public static void main(String[] args){
    //code…
    }
    }

Hmm…seperti itulah kira-kira penulisan object sebagai suatu array. Semoga bisa sedikit mambantu. Untuk petunjuk selanjutnya akan saya perbaiki tulisan ini jika ada waktu luang lagi.  Keep work n never give up.

<Hint tersebut cuma langkah awal penentuan struktur data yang digunakan>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s