Java Tutorial: Deklarasi dan akses kontrol – Part 2


PENDEKLARASIAN KELAS, VARIABEL, DAN METHOD

Modifier digunakan untuk menentukan hubungan suatu unsur kelas dengan unsur kelas lainnya. Didalam pemrograman JAVA terdapat dua macam modifiersaccess modifiers dan non-access modifier. Dengan menggunakan akses modifier kita bisa untuk menolak akses atau memberi akses yang lebih pada kode kita.

Class modifier

Akses modifier yang tersedia adalah public, private, dan protected. Dengan demikian top-level class(kelas utama dalam suatu kode) hanya boleh public dan default akses level. Jika tidak ada akses modifier yang ditentukan maka kelas akan diset menjadi akses default. Hanya kelas yang didalam package(direpresntasikan dalam sebuah folder, jadi dalam package yang sama adalah sama dengan berada didalam folder yang sama) yang sama yang dapat menggunakan kelas lain dengan akses default. Jika semua kelas dideklarasikan sebagai public maka semua kelas dari package yang berbeda dapat mengaksesnya.

Marilah kita melihat pengaruh dari beberapa non-akses modifier pada kelas. Kata kunci final tidak mengijinkan kelas untuk diturunkan. kelas abstract, tidak bisa di instansiasi tetapi dapat diturunkan pada sub kelas.

public final class Mobil{ ... }
class MobilMewah extends Mobil{} //tidak diijinkan, terjadi error saat kompilasi


Modifier method dan variabel

Semua akses modifier dapat digunakan untuk anggota dalam kelas itu sendiri. private member hanya dapat diakses dan dalam kelas itu saja. protected member hanya dapat diakses oleh kelas pada package yang sama atau subclass dari kelas itu. public member dapat diakses oleh semua kelas lainnya. Jika tidak ada akses modifier yang ditentukan maka anggota kelas akan mempunyai akses default dan hanya kelas lain pada package yang sama yang dapat mengaksesnya.

Method Synchronized hanya dapat diakses oleh satu thread dalam saat yang bersamaan. Variabel Transient tidak dapat di serialisasi berbeda dengan method abstract yang tidak memiliki implementasi karena hanya suatu template yang implementasi kodenya dilakukan pada method di kelas turunannya. Suatu kelas berisi minimal satu method abstract yang dideklarasikan sebagai abstract. Meski demikian kelas abstract tidak membutuhkan banyak methd abstract didalamnya.

Java Tutorial Deklarasi dan Akses Kontrol Part 1

Java Tutorial Deklarasi dan Akses Kontrol Part 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s